Rabu, 12 Februari 2014

Makalah Pengantar Bisnis

            Pengaruh Teknologi Informasi bagi Perkembangan Dunia Bisnis
                                           Makalah Pengantar Bisnis
                                                           Disusun oleh :

                             o    Firda Handika Putri        41183403130011
                             o    Chusnul Nuraeni             41183403130009
                             o    Nur hikmah                    41183403130006

                                                      Kelas : Akuntansi 1A

                                                   FAKULTAS EKONOMI
                                        UNIVERSITAS ISLAM 45 BEKASI
                           JL. Cut meutia No. 83 Bekasi 17113 telp. (021)8802015
                                               Homepage: www.unismabekasi.ac.id

KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul: “Pengaruh Teknologi Informasi bagi Perkembangan Dunia Bisnis”. Makalah ini disusun guna memenuhi tugas kelompok mata kuliah Pengantar Bisnis. Makalah ini berisi mengenai Kemajuan teknologi yang dapat meningkatkan kemampuan produktivitas dunia bisnis baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.
Saat ini teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dimana perkembangan ini tidak bisa kita hindari. Perkembangan teknologi informasi juga dipengaruhi oleh kemajuan ilmu pengetahuan yang seiring waktu semakin menapaki langkah yang semakin maju. Pengaruh teknologi informasi yang berkembang sangat cepat dan tidak bisa kita hindari ini, dunia bisnis pun saat ini telah memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat.
             Kami menyadari bahwa dalam proses penulisan karya tulis ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, kami telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga Makalah ini dapat selesai dengan baik. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran untuk meningkatkan dan memperbaiki makalah yang selanjutnya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR     i   
DAFTAR ISI     ii   
BAB I PENDAHULUAN     3
1.1     Latar Belakang     3
1.2     Rumusan Masalah     4
1.3     Tujuan Penulisan     4
BAB II PEMBAHASAN     5
2.1     Pengertian Bisnis     5
2.2     Pengertian Teknologi Informasi     6
2.3     Pengaruh Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis     7
2.4     Peranan Penting Teknologi dalam Dunia Bisnis     9
2.5     Manfaat Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis    10
BAB III PENUTUP    12
3.1     Kesimpulan    12
3.2     Saran     12
DAFTAR PUSTAKA    13




                                                       BAB I
                                               PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

        Di era globalisasi sekarang ini teknologi sudah menjadi raja di berbagai sendi kehidupan terutama di kota-kota besar. Hal ini dapat dilihat dari pertukaran informasi dan transaksi perdagangan yang belakangan ini banyak dilakukan langsung, hanya dalam hitungan detik melalui teknologi digital yang mampu menghapus jarak antarnegara. Perkembangan teknologi yang begitu pesat membawa pengaruh kepada berbagai bidang termasuk dunia bisnis. Inovasi teknologi mampu membuat para wirausahawan dan perusahaan mampu menciptakan produk dan jasa baru, mengembangkan model bisnis baru, menguncang industri lama dan akhirnya mengubah cara berbisnis sehari-hari.
        Dunia periklanan pun mulai berganti konsep dari surat kabar ke iklan online, hal ini dimungkinkan terjadi karena teknologi informasi yang terkoneksi dengan jaringan internet global yang memberikan kemudahan dalam pemasaran produk atau jasa. Dengan jaringan internet dan fitur web yang menarik dan berkembang sedemikian pesat menjadi pilihanalat promosi yang banyak digemari oleh para wirausahawan karena terbukti dinilai lebih murah dan lebih cepat. Belakangan ini bisnis yang banyak digemari seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat yaitu bisnis online.
Bisnis online dinilai lebih ekonomis baik dari segi waktu dan modal yang dikeluarkan. Para penjual dan pembeli tidak perlu menunggu lama untuk melakukan transaksi karena semuanya dapat diakses melaui jaringan internet dan situs-situs terkait. Pada prinsipnya peran teknologi dalam pemasaran adalah sebagai alat untuk mempermudah proses, dibalik itu tetap sumberdaya manusia dan strategi pemasaran memegang kunci utama.



1.2    Rumusan Masalah

    Apa yang dimaksud dengan Bisnis ?
    Apa yang dimaksud dengan TeknologiInformasi ?
    Bagaimana pengaruh Teknologi dalamDunia Bisnis ?
    Apa peranan penting Teknologi dalam Dunia Bisnis ?
    Apa manfaat Teknologi dalam Dunia Bisnis ?

1.3    TujuanPenulisan

    Agar kita bisa lebih mengerti tentang bisnis.
    Lebih bisa memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya untuk dunia bisnis
    Agar kita dapat mengetahui peranan penting dari teknologi informasi untuk dunia bisnis.



                                                        BAB II
                                                   PEMBAHASAN

2.1    Pengertian Bisnis
    Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
     Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya  penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan.
Berikut beberapa pengertian bisnis menurut beberapa tokoh diantaranya :
A.     Menurut Brown dan  Petrello : “Business is an institution which produces goods and services demanded by people”, yang berarti bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat sambil memperoleh laba. (1976)
B.     Menurut Steinford : “Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”, yang berarti bisnis sebagai aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh konsumen. (1979)
C.     Menurut Griffin dan Ebert : “Business is an organization that provides goods or services in order to earn provit” , yang berarti bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). (1996)
D.    Menurut Hughes dan Kapor  : “Business is the organized effort of individuals to produces and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs.The general terms business refer to all such efforts within a society or within a industry”, yang berarti bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang  terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri.
E.    Menurut Allan Afuah  : Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara menggembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. (2004)

2.2    Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya
Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya
Pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli teknologi informasi :
1.    Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)
2.    Teknologi Informasi  adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)
3.    Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
4.    Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
5.    Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003)
Secara implisit dan eksplisit IT tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi.Dengan kata lain, yang disebut Teknologi Informasi adalah gabungan antara Teknologi Komputer dan Teknologi Telekomunikasi

Teknologi Informasiadalah suatu teknologiyang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasiyang bermanfaat.

2.3    Pengaruh Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis
    Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah menjadi batu penjuru pendidikan, bisnis, ekonomi dan lain sebagainya. Pengenalan teknologi telah sangat menghasilkan skenario pendidikan dari seluruh dunia. Teknologi bebas diberikan oleh Allah setelah membagikan karunia kehidupan dan telah menjadi sumber peradaban seni mana ilmu Teknologi telah berbalik menjadi hal yang tidak terpisahkan dari cara kita hidup. Hal ini telah mengakibatkan berbagai aspek hidup dan kehidupan berubah. Hal ini memainkan peran penting dalam setiap aspek kehidupan. Banyak proses yang kompleks dapat dilakukan dengan mudah menggunakan teknologi modern.
    Melalui teknologi, bidang pendidikan dan industri telah mengalami perubahan besar dan nyata itu telah membuat hal yang lebih baik.Dengan teknologi informasi yang terkoneksi dengan jaringan internet global memberikan peluang dalam pemasaran produk atau jasa, dengan jaringan internet dan fitur web yang menarik merupakan salah satu alat promosi yang baik dan lebih murah terutama dalam bisnis jasa. Dalam konsep Good Governance dimana terdapat kesetaraan peran antara pemerintah, masyarakat dan swasta, mau tidak mau pemerintahpun harus menguasai dan mengembangkan teknologi informasi yang populer sekarang dengan sebutan E-Goverment. Pada prinsipnya peran teknologi dalam pemasaran adalah sebagai alat untuk mempermudah proses, dibalik itu tetap sumberdaya manusia dan strategi pemasaran memegang kunci utama
    Teknologi dalam pemasaran punya peran penting untuk meningkatkan eksistensi sebuah perusahaan atau suatu badan usaha. Pemasaran pada zaman sekarang ini, jika tidak ditunjang dengan adanya perkembangan teknologi yang maju tidak mungkin dapat dipasarkan secara maksimal. Peranan teknologi dalam pemasran yakni menunjang kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, serta kaitannya dengan mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa kepada kelompok pembeli. Sehingga pemasaran  barang dan jasa dapat berjalan secara maksimal
    Dampak positif dari teknologi dalam kehidupan manusia, terutama di bidang pemasaran yakni :
1.    proses penyampaian informasi secara cepat. Jika zaman dulu, dalam memasarkan produk harus menunggu beberapa minggu atau beberapa bulan baru tersampaikan. Tetapi, pada zaman sekarang ini, dengan kemajuan teknologi informasi para penjual maupun pembeli tidak perlu menunggu lama-lama untuk dapat melihat produk. Karena dapat diakses melalui sebuah jaringan internet maupun situs – situs terkait
2.    proses transaksi yang dapat berlangsung secara cepat.
Tidak perlu antri lama – lama di kantor pos untuk mengirim maupun mengambil uang. Adanya fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah salah satu sarana penunjang dalam sebuah kelancaran pemasaran barang dan jasa. Pengenalan produk barang dan jasa suatu perusahaan maupun badan usaha melalui media periklanan, baik itu media elektronik maupun media cetak. Seperti televisi, pemasangan iklan lewat internet yang saat ini banyak beredar. Dan media cetak seperti koran, majalah, bulletin
Dampak negative dari perkembangan teknologi dalam bisnis antara lain :
1.    adanya kesenjangan social
Dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi dan ketidaksamaan pemerataan peranan teknologi sangat besar, karena perkembangan teknologi berkaitan erat dengan stratifikasi sosial. Dalam hal ini surplus ekonomi dalam kaitannya dengan pemasaran dianggap berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Dengan demikian maka, penetapan teknologi rendah maupun teknologi tinggi sangat berdampak terhadap kesenjangan sosial.
2.    Dalam bidang social dan teknologi, teknologi mungkin memiliki wajah yang revolusioner
Meskipun banyak pendapat mengenai peran teknologi dalam masyarakat, namun satu hal yang pokok bahwa teknologi merupakan salah satu faktor yang dapat mengubah tatanan suatu masyarakat sehingga memiliki wajah yang lain sama sekali. Dikatakan demikian karena dulu ketika ditemukan teknologi peleburan besicangkul, dan baju, lahirlah revolusi pertama dalam sejarah manusia, yaitu pertanian. Dan ketika mesin uap ditemukan dan kemudian menjadi motor penggerak mesin-mesin di pabrik, lagi-lagi teknologi menjadi salah satu faktor terjadinya revolusi industry.

2.4    Peranan penting Teknologi dalam DuniaBisnis
Teknologi informasi sekarang ini berkembang dengan pesat. Pemanfaatan teknologi informasi ini sekarang sudah mencapai berbagai macam bidang kehidupan masyarakat kita. Seseorang yang masih awam akan teknologi informasi akan di cap kuno, oleh karenanya pengenalan akan teknologi sekarang ini sudah tidak hanya oleh kalangan terpelajar saja, tapi anak-anak dan orang tua pun sekarang ini seolah-olah tidak mau ketinggalan terus mempelajari teknologi informasi yang ada.
Teknologi informasi dibuat untuk memudahkan para penggunanya dalam mencatat suatu transaksi, menyimpannya dalam bentuk data, mentransformasikannya menjadi informasi dan menyebarkannya kepada para pemakaiinformasi.
Dalam dunia bisnis teknologi informasi mempunyai dampak yang besar,misalnya suatu transaksi bisnis yang dicatat secara on-line, akan diolah dan pada saat yang hampir bersamaan (real-time) hasil pengolahan atau informasinya dapat dilihat, seperti yang lazim dilakukan para nasabah bank pada saat melakukan transaksipada ATM (Automated Teller Machine).  Pada saat ini informasi menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan bisnis, dengan dukungan teknologi informasi, informasi semakin mudah diperolehtanpadibatasiruangdanwaktu. Bahwa menjelang abad ke 21 negara-negara dan perusahaan-perusahaan yang unggul adalah mereka yang sejak awal sudah menerapkan teknologi informasi sebagai alat untuk berkompetisi. Teknologi informasi sudah menjadi senjata (alat) dalam proses bisnis perusahan yang dapat membuat aliran informasi berjalan secara cepat secara internal maupun eksternal.
Teknologi informasi memiliki banyak peranan dalam membantu manusia dan memecahkan masalah. Diantaranya membantu manusia dalam : meningkatkan produktivitas, meningkatkan efektivitas, meningkatkan efisiensi, meningkatkan mutu, meningkatkan kreativitas, Problem solving (pemecahan masalah). Teknologi infrormasi banyak membantu manusia dalam mengenali dan memecahkan masalah. Kegunaan utama teknologi infrormasi adalah membantu dalam pemecahan masalah dengan kreativitas tinggi dan membuat manusia semakin efektif dalam memanfaatkannya. Tanggung jawab pemakai teknologi informasi akan memberikan peran yang penting dalam memaksimalkan kinerja teknologi informasi.

2.5    Manfaat Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis

1.    Komunikasi  yang cepat
Untuk urusan yang satu ini, kita tidak lepas dari hal yang namanya media komunikasi seperti handphone atau Internet. Dulu ketika internet kurang begitu populer, media handphone sangat ampuh untuk berkomunikasi, tetapi handphone bukanlah satu-satunya alat yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi, sekarang media internet seperti e-mail, chat atau fans page seperti di Facebook atau Twitter mulai merambah dan menjadi alternatif yang sangat bagus untuk berkomunikasi dengan orang lain (konsumen) selain dari pada menggunakan handphone. Saat seorang pengusaha menjual produknya, biasanya dia akan berkomunikasi dengan sang pembeli, jika dulu cukup dengan sms atau telepon semuanya akan teratasi, sekarang, ini saja tidak cukup, terkadang kita juga membutuhkan hal lain seperti laporan penjualan. Untuk mengatasi hal ini, media internet seperi layanan Facebook, E-mail adalah jawaban yang praktis untuk kita semua.
2.    Teknologisebagai media promosi
Dulu, setiap kita yang akan membeli sebuah barang, akan mengunjungi toko si penjual dan melihat-lihat barang yang ada, tetapi sekarang zaman telah berubah. Banyak pengusaha atau seorang pembisnis yang melebarkan sayapkan melalui media online, selain terdapat fasilitas yang gratis, teknologi internet juga menawarkan tempat untuk mempromosikan barang kita semisal foto-foto barang kita, lokasi tempat usaha kita dan lain sebagainya, jadi sekarang seorang pembeli tidak usah jauh-jauh mengunjungi toko kita, cukup dengan melalui denganmedia online saja semuanya teratasi, mudah bukan?
3.    Kecepatanbertransaksi
Pembayaran secara cash sekarang sudah mulai mendapat saingan, selain melakukan pembayaran melalui kartu kredit, teknologi sekarang juga menawarkan pembayaran secara online atau sering kita dengar dengan istilah online banking. Ketika seorang pembeli ingin memesan barang untuk bisnisnya, dia bisa melakukan pembayaran melalui media online, bisa melalui nomor hp nya, atau melaui internet, cepat, praktis dan tetap aman sepanjang mengikuti prosedur yang ada, menarik bukan?
4.    JangkauanPasar yang luas
Toko offline terkadang hanya memiliki pelanggan dari daerah atau tempat yang dekat dengan toko itu sendiri, ini kurang optimal jika melihat kondisi sekarang ini dimana pasar global sangat menarik untuk dicoba, setidaknya jangkauan nasional harus kita coba. Melalui teknologi, manfaat nya sangat terasa, sekarang tidak hanya langganan yang dekat saja yang dapat menjadi rekan bisnis kita, tetapi orang lain yang jauh dari tempat kita pun bisamenjadicalonkonsumen yang potensial.



                                                          BAB III
                                                         PENUTUP

3.1    Kesimpulan

    Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai. Banyaknya sektor kehidupan yang ada diharapkan membuka inovasi baru bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan peradaban manusia.
    Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu perusahaan yang dapat menangani akan hal itu diberbagai situasi yang menantang. Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang mana bisa semua permasalahan tersebut hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi . walaupun praktek komunikasi bisnis menggunakan peran teknologi informasi dan komunikasi akan tetapi keberhasilan komunikasi itu disebabkan oleh kemampuan dari individu itu sendiri.

3.2    Saran
    Dengan di buatnya makalah ini diharapkan kepada pembaca agar lebih mengerti cara berbisnis dengan memanfaatkan teknologi saat ini.
    Dengan adanya teknologi , bisnis bisa berkembang lebih pesat.
    Bagi generasi muda dengan adanya teknologi dapat lebih berinovasi dalam berbisnis.

   
    DAFTAR PUSTAKA

    http/:id.wikipedia.org/wiki/bisnis
    keldaniaz.blogspot.com/2012/11/manfaat-teknologi-bagi-usaha-atau-bisnis.html
    www.teknologibagus.com/2012/03/pengertian-teknologi-informasi.html
    Medianahelmi.blogspot.com/2008/08/peranan-teknologi-informasi-dalam-dunia.html





          



1 komentar: