Struktur Pasar
Pengertian Pasar
Dalam pengertian yang sederhana atau sempit pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
Definisi pasar secara luas menurut W.J. Stanton adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya.
Pada umumnya suatu transaksi jual beli melibatkan produk/barang atau jasa dengan uang sebagai alat transaksi pembayaran yang sah dan disetujui oleh kedua belah pihak yang bertransaksi.
Kegiatan faktor produksi adalah kegiatan yang melakukan proses, pengolahan, dan mengubah faktor-faktor produksi dari yang tidak/kurang manfaat/gunanya menjadi memiliki nilai manfaat yang lebih. Faktor- Faktor produksi yang umumnya digunakan adalah tenaga kerja, tanah, dan modal. Kelangkaan pada suatu faktor produksi biasanya akan menyebabkan kenaikan harga faktor produksi tersebut.
Unsur-unsur pasar meliputi konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan, hambatan masuk, dan integrasi vertikal serta diversifikasi.
Dalam pengertian yang sederhana atau sempit pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
Definisi pasar secara luas menurut W.J. Stanton adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya.
Pada umumnya suatu transaksi jual beli melibatkan produk/barang atau jasa dengan uang sebagai alat transaksi pembayaran yang sah dan disetujui oleh kedua belah pihak yang bertransaksi.
Kegiatan faktor produksi adalah kegiatan yang melakukan proses, pengolahan, dan mengubah faktor-faktor produksi dari yang tidak/kurang manfaat/gunanya menjadi memiliki nilai manfaat yang lebih. Faktor- Faktor produksi yang umumnya digunakan adalah tenaga kerja, tanah, dan modal. Kelangkaan pada suatu faktor produksi biasanya akan menyebabkan kenaikan harga faktor produksi tersebut.
Unsur-unsur pasar meliputi konsentrasi, differensiasi produk, ukuran perusahaan, hambatan masuk, dan integrasi vertikal serta diversifikasi.
1.Pasar PersainganDalam teori ekonomi mikro, struktur pasar dibagi dalam empat macam bentuk (Paul A. Samuelson, 1995 p. 193-194), yaitu:
Pasar Persaingan Sempurna
Pasar
persaingan sempurna adalah struktur pasar yang ditandai oleh jumlah
pembeli dan penjual yang sangat banyak. Banyak pesaing. Bila produsen
pada pasar persaingan ingin mendapat keuntungan atau profit maksimum,
tidak bisa dilakukan, karena harga ditentukan oleh pasar. Produsen hanya
sebagai price taker.
Profit maksimum atau P maks tercapai pada tingkat produksi dimana MR = MC.
Untuk
mencapai keseimbangan Jangka Pendek, ada 2 (dua) kemungkinan yang
dapat dilakukan perusahaan pada pasar persaingan sempurna ini, yaitu:
1)
Perusahaan akan berusaha untuk beroperasi atau berproduksi sampai
batas MC=MR,dengan tujuan mendapatkan laba maksimum. MC (Marginal
Cost), dan MR (Marginal Revenue), pada pasar persaingan sempurna
MR=AR=P-
2) Bila
tidak memungkinkan alternatif 1 diatas, karena harga tergantung pasar,
maka perusahaan akan berusaha untuk beroperasi atau berproduksi sampai
batas AVC=MR, dengan tujuan meminimumkan kerugian. Kerugian yang
diderita adalah sebesar Q kali AFC.
Untuk
mencapai keseimbangan Jangka Panjang, dan menjaga agar tetap bertahan
(exist) makapaling tidak ada 3 (tiga) hal yang harus dilakukan
perusahaan pada pasar persaingan sempurna ini, yaitu:
1)
Perusahaan haus beroperasi atau berproduksi ssebaik mungkin (as best
as possible) dengan tujuan agar dapat beroperasi dengan optimal. Tetap
diusahakan beroperasi pada saat MR=AR=P –> untuk ini perlu
diusahakan biaya marjinal jangka panjang mendekati biaya marjinal
jangka penndek (SMC=LMC)
2)
Jangan sampai mengalami kerugian yang membuat usaha berhenti. Hal ini
diusahakan agar perusahaan dapat mengganti berbagai peralatan produksi
yang sudah tidak layak, namun diusahakan agar biaya rata Rata
perunit jangan sampai melebihi harga jual –> ATC= P
3)
Mencari alternatif usaha yang baru, sehingga dapat menikmati
keuntungan optimal dalam jangka pendek selanjutnya. Karena usaha yang
dijalankan saat ini sudah tidak mungkin lagi menghasilkan laba ekonomis.
Contoh
pasar persaingan sempurna antara lain, yaitu pasar hasil-hasil produksi
pertanian, pasar industri kerajinan tangan oleh rakyat, pasar tenaga
kerja pelaksana, bursa efek, pasar uang dan pasar modal, barang konsumsi
hasil industri rumah tangga dan sebagainya.
Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar
persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industri yang terdiri dari
produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan
harga output di pasar.
Terdapat tiga model umum di pasar persaingan tidak sempurna, yaitu pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik dan oligopoli.
1.Pasar Monopolistik
Pasar
persaingan monopolistik adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan
persaingan sempurna tetapi yang membedakan dengan pasar persaingan
sempurna ialah bahwa pada pasar ini produsen mampu membuat
perbedaan-perbedaan pada produknya (differensiasi produk) dibandingkan
produsen lain.
Pasar monopolistik adalah pasar
dengan produsen sangat banyak, hanya saja produk yang dihasilkan
berbeda (tidak seragam), atau unik. Banyak pesaing, namun produknya
berbeda beda. Bila produsen pada pasar persaingan ingin dapat
keuntungan atau profit maksimum, masih bisa dilakukan, karena harga
dapat dipengaruhi oleh produsen. Produsen dapat bertindak sebagai Price
Setter.
Profit maksimum atau P maks tercapai pada tingkat produksi dimana MR = MC.
Untuk
mencapai keseimbangan Jangka Pendek, perusahaan pada pasar persaingan
monopolistik ini, yaitu: Perusahaan akan berusaha untuk beroperasi
atau berproduksi sampai batas MC=MR, dengan tujuan mendapatkan laba
maksimum –> MC (Marginal Cost), dan MR (Marginal Revenue), pada
berbagai bentuk pasar (termasuk pasar persaingan monopolistik).
Contoh
pasar persaingan monopolistik antara lain, yaitu pasar obat-obatan,
pasar barang ritel seperti sabun, shampoo, pasta gigi, kosmetik, dan
sebagainya. Di Indonesia, pasar kosmetik dikuasai oleh beberapa produsen
yaitu Sari Ayu dan Mustika Ratu.
2. Pasar Monopoli
Di
pasar ini, hanya ada satu produsen. Tidak ada pesaing, dipasar
sendirian. Bila produsen yang monopolis ingin dapat keuntungan atau
profit maksimum, bisa dilakukan dengan jalan menurunkan supply,
sehingga harga jual menjadi meningkat. Produsen dapat bertindak
sebagai Price Setter.
Profit maksimum atau P maks tercapai pada tingkat produksi dimana MR = MC.
Kerugian masyarakat karena Pasar Monopoli:
a. Berkurang atau memburuknya efisiensi dan daya saing ekonomi nasional
b. Berkurang atau hilangnya sebagian kesejahteraan masyarakat
Pemerintah
sebagai eksekutif penyelenggara negara, bertugas melindungi
kepentingan dan kesejahteraan masyarakat..Berkaitan dengan pasar
monopoli ini, yang dirugikan adalah masyarakat konsumen, dan Ekonomi
nasional secara keseluruhan, maka pemerintah perlu melakukan langkah
mempengaruhi pasar (market intervention), melalui:
a. Penetapan harga tertinggi (Ceiling Price)
b. Menjaga kelancaran distribusi barang dan jasa (distribution channel)
Manfaat dari Pasar Monopoli:
a. Monopoli untuk menekan biaya produksi
b. Monopoli untuk menjaga penggunaan sumberdaya yang sangat terbatas
Contoh
pasar monopoli antara lain, yaitu PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN)
sebagai satu-satunya perusahaan di Indonesia yang menyediakan kebutuhan
listrik di Indonesia.
3. Pasar Oligopoli
Pasar
oligopoli adalah pasar dimana hanya ada beberapa produsen. Hanya ada
beberapa pesaing. Bila produsen yang olipolis ingin dapat
keuntungan atau profit maksimum, bisa dilakukan dengan jalan
berkolaborasi (kerjasama) dengan produsen lain menurunkan supply,
sehingga harga jual menjadi meningkat. Produsen dapat bertindak sebagai
Price Setter.
Profit maksimum atau P maks tercapai pada tingkat produksi dimana MR = MC.
Terbentuknya
pasar oligopoly ini didorong oleh adanya hambatan (barriers) untuk
masuk pasar bagi pemain atau produsen baru. Hambatan untuk masuk pasar
yang dihadapi oleh pemain atau produsen baru ini, antara lain disebabkan
oleh paling tidak 2 (dua) faktor, yaitu:
1. Besarnya Skala Ekonomis dari industri tersebut
Pada
umumnya untuk industri yang padat modal dan teknologi, seperti
industri logam dan kimia, biasanya memiliki skala ekonomis, atau Titik
Impas (Break Event Point) yang besar.
2. Tingkat kerumitan (Kompleksitas) pengelolaan usaha yang tinggi
Karena
rumitnya pengelolaan usaha ini, baik dari segi teknologi, jaringan
usaha, pemasok dan sebagainya, menyebabkan tidak banyak pemain atau
produsen baru yang mampu masuk pasar. Hal ini menyebabkan halangan
(bariiers) untuk masuk pasar relatif tinggi.
3.Pasar OligopoliKarakteristik Pasar Oligopoli:
- Hanya ada sedikit (beberapa) jumlah produsen atau pemain dipasar monopoli
- Produk yang dihasilkan bisa seragam (homogeen) atau berbeda (differentiate)
- Relatif tinggi dan terjaganya loyalitas konsumen
- Relatif tingginya hambatan masuk dan keluar pasar (Entry and Exit barriers)
Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai Oligopoli antara lain:
1.
Produsen pada pasar Oligopoli dapat melakukan kerjasama dalam
mengatur penawaran (Supply) –> Ini akan mengarah pada monopoli
(melakukan kesepakatan produksi atau harga, yang dilarang oleh UU
namun hal ini dapat terjadi, bila penegakkan hukum (Law enforcement )
dinegara tersebut tidak jalan.
2.
Masing masing produsen akan konsentrasi pada kepentingan usahanya.
Dengan demikian, maka bila salah satu produsen melakukan kebijakan
produksi, atau harga, maka selanjutnya bisa terjadi :
- Perusahaan lain tidak bereaksi (dengan cara yang sama), namun tetap kosentarasi dengan pasarnya
-
Ditanggapi oleh produsen lain, dalam rangka mempertahankan pangsa
pasarnya. Hal ini membuat kurva Marjinal Revenue (MR) menjadi patah
–> Akan membentuk KINKED CURVE DEMAND
Model Analisis Perilaku Pasar Oligopoli:
Pada
pasar oligopoli berlaku prinsip: Bila salah satu perusahaan di pasar
oligopoli ini membuat kebijakan bisnis yang baru (produksi, harga,
promosi dan sebagainya), maka Perusahaan atau pemain lain akan
berreaksi atau melakukan langkah serupa untuk mempertahankan pangsa
pasar (market share) nya. “Strategic behavior of Oligopolist: Actions
taken by firm in oligopolistic market to plan for and react to
competition from rival firms”.
Dalam
menganalisis pasar Oligopoli ini, sering digunakan pendekatan teori
permainan (Game Theory), misalnya :Prisonner dilemma. teori pengambilan
keputusan dengan menggunakan kriteria tertentu (decision theory).
Dalam teori ekonomi mikro, model oligopoli dibagi dalam dua jenis, yaitu:
- Oligopoli non-kolusif. Terdiri dari model cournot, model bertrand, model chamberlain, model sweezy, dan model stackelberg.
- Oligopoli kolusif. Terdiri dari kartel dan kepemimpinan harga. (A. Koutsoyyianis, 1975:216-253)
Contoh
pasar oligopoli antara lain, yaitu di Indonesia terdapat dengan mudah
dijumpai pasar semen, pasar layanan operator selular, pasar otomotif,
dan pasar yang bergerak dalam industri berat. Kegagalan pasar akan
terjadi jika terjadi ketidak seimbangan pasar, sehingga produksi dan
konsumsi berada di bawah tingkat keseimbangan pasar, maka surplus
sosialnya (Produsen dan Konsumen surplus) tidak oprimal. Hal ini dapat
terjadi karena behaviour dari pelaku ekonomi yang cenderung
memaksimalkan laba (profit) nya sehingga akan mengakibatkan berkurang
atau bahkan hilangnya surplus sosial. Dan ini merugikan kepentingan
publik.
Bila kegagalan pasar terjadi, maka diperlukan intervensi pemerintah dalam bentuk:
Menetapkan harga terendah (Floor price): Untuk melindungi produsen.
Menetapkan harga tertinggi (Ceiling price): Untuk melindungi konsumen.
Mengenakan pajak, maupun pemberian subsidi.
Seperti
yang sudah disebutkan tadi, bahwa peraturan pemerintah memegang peranan
penting dalam mempengaruhi struktur pasar dan perilaku masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar